LOGIN


email

password

Program Kami



Coaching, Counselling And Mentoring

2 DAYS

Coaching, counseling & mentoring adalah bagian tugas pemimpin sebagai human developer. Manajer atau Pimpinan yang baik tidak hanya "getting the job done" atau task oriented, tetapi juga harus memiliki mindset sebagai pengembang manusia. Membantu karyawan untuk dapat menyelesaikan tugasnya dengan optimal sekaligus membantu orang tersebut secara pribadi untuk bisa mencapai "best self" atau menjadi yang terbaik dari dirinya adalah saat ini telah diyakini menjadi pencapaian sejati seorang leader.

Kemampuan Coaching, conseling & mentoring perlu dimiliki oleh setiap atasan atau setiap individu yang ingin membantu pengembangan Sumber Daya Manusia di organisas, agar mampu memberdayakan, memotivasi dan mengajak kerjasama para bawahannya untuk mencapai tujuan bersama. Coaching dilakukan oleh Coach (orang yang melakukan coaching) dengan cara menanyakan serangkaian pertanyaan dengan tujuan coachee (orang yang di-coach) menemukan jawaban dari dalam dirinya. Di dalam coaching, coach tidak memberikan solusi bagi coachee, melainkan membimbing untuk menemukan solusi melalui penggalian dari dalam diri sendiri. Counseling adalah proses yang bersifat suportif dimana seorang atasan membantu bawahannya untuk menyelesaikan masalah pribadi bawahan yang mempengaruhi kinerjanya. Sedangkan mentoring perlu dilakukan atasan untuk secara sistematis membantu karyawan agar bisa melakukan pekerjaan dengan baik dan benar antara lain dengan cara mendemonstrasikan, menerangkan dan mencontohkan.

Dalam pelatihan ini, peserta akan belajar teknik percakapan dan bertanya yang bisa membantu mengeluarkan potensi terbaik dari seseorang. Dengan proses dialog atau percakapan yang positif dan bersifat membangun akan membantu orang lain memecahkan persoalan dan juga mendorongnya untuk punya kemampuan bertanya pada diri sendiri agar ia dapat berkembang mandiri. Sesi percakapan bersifat terbuka, interaksi mendorong suasanya yang kolaboratif untuk mencapai tujuan, meningkatkan performa dan mendorong bawahan untuk maju. Manfaat akan dapat dirasakan setelah sesi coaching, counseling & mentoring berakhir. Dengan mentode role play diantara sesama peserta program, peserta juga akan merasakan manfaat dari teknik ini terhadap pengembangan dirinya sendiri secara pribadi.

Program selama dua hari ini, akan dilakukan dengan metode active learning dengan komposisi atau 60% praktik dan 40% teori sehingga setelah pelatihan diharapkan peserta telah memiliki kemampuan dasar untuk melakukan dan menerapkan coaching, counseling & mentoring di tempat kerjanya.

OBJECTIVE

Diharapkan peserta dapat mengetahui bagaimana cara melakukan Coaching, Counseling & Mentoring, diantaranya:

  1. Memahami perbedaan peran sebagai Coach, Counselor dan Mentor di perusahaan dan mengetahui kapan atau secara situasional mampu menggunakan teknik yang berbeda
  2. Mengetahui kecenderungan diri dalam melakukan tugas pengembangan anak buah
  3. Mampu membina hubungan yang baik dengan bawahannya (building rapport skills)
  4. Menguasai 5 basic coaching skills
  5. Mengetahui bagaimana melakukan teknik bertanya dengan menggunnakan GROW Model
  6. Mengetahui bagaimana mentoring secara sistematis
  7. Mengetahui bagaimana melakukan counseling secara efektif
  8. Siap mengaplikasikan Coaching, Counseling & Mentoring di tempat kerja
  9. Mampu memberdayakan atau membantu orang lain maupun diri sendiri untuk mencapai goal dan mengingkatkan potensi dirinya

PARTICIPANTS

  1. Supervisor
  2. Manager
  3. Leaders
  4. Praktisi SDM

Serta siapapun yang memiliki minat terhadap pengembangan Sumber Daya Manusia.

SCOPE

  1. Coaching Style Inventory
  2. Basic Coaching Skills
  3. Building Rapport Skills
  4. GROW Model in Coaching
  5. Counseling Skills
  6. Mentoring Technique
  7. Handling Difficulties in Developing & Helping People
Download Syllabus

SCHEDULE 2019

  • 20 Aug - 21 Aug 2019
  • 19 Nov - 20 Nov 2019