LOGIN


email

password

Program Kami



Integrated Marketing Communication

2 DAYS

Komunikasi pemasaran biasanya dianggap sabagai salah satu elemen bauran marketing, yaitu promotion. Namun dalam perkembangannya, komunikasi pemasaran memiliki peranan yang lebih luas, bukan hanya sebatas promosi namun mencakup keterpaduan instrumen-instrumen pemasaran yang berfungsi menyampaikan nilai yang terkandung dalam sebuah merek sehingga sampai pada benak konsumen. Integrated Marketing Communication (IMC) merupakan suatu proses dalam menganalisa, merancang, mengembangkan dan mengevaluasi penyampaian nilai sebuah merek melalui hubungan kolaboratif dengan pelanggan sehingga membentuk suatu ikatan yang kuat. IMC mencakup periklanan, promosi penjualan, event, komunikasi massa, personal selling, pemasaran langsung dan word-of-mouth.

IMC berperan dalam merumuskan target komunikasi, nilai yang akan disampaikan, konsistensi dan saling keterkaitannya, alokasi sumber daya, pemilihan media yang tepat dan saling bersinergi serta mengukur dampaknya terhadap pencapaian tujuan komunikasi pemasaran perusahaan. IMC bukan hanya menggunakan semua instrumen pemasaran namun memilih instrumen yang tepat dan efektif serta saling menguatkan, sehingga alokasi sumber daya dapat dijalankan secara optimal.

Fenomena perkembangan dunia marketing jelas terlihat dengan semakin tersegmentasinya konsumen secara psikografis dan semakin tingginya standar kepuasan konsumen, sehingga mendorong munculnya mediamedia komunikasi baru yang berupaya menjangkau konsumen secara lebih efektif. Komunikasi marketing bukan lagi sekedar above the line dan below the line, namun juga offline dan online. Pengukuran efektivitas strategi pemasaran pun mulai dinilai atas dasar dampak keuangan dari rangkaian aktivitas yang dilakukan. Persaingan bisnis semakin tajam, sehingga pelaku bisnis harus senantiasa memikirkan penggunaan sumber daya pemasaran seoptimal mungkin melalui jenis kegiatan pemasaran yang terpilih dan terintegrasi serta berdampak besar pada peningkatan penjualan dan profitabilitas dengan dana serendah mungkin. Dengan demikian komunikasi pemasaran terpadu akan berdampak positif terhadap kelangsungan hidup perusahaan.

Metode pembelajaran:

  • Kuliah
  • Studi kasus
  • Diskusi

OBJECTIVE

Tujuan pelatihan ini adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi para peserta dalam:

  • Pemahaman komunikasi pemasaran terpadu dengan paradigma baru
  • Perumusan tujuan dan sasaran komunikasi pemasaran terpadu
  • Pemilihan pesan dan nilai yang efektif
  • Pengenalan alat, media, sarana, dan teknik komunikasi pemasaran terkini
  • Membangun efek sinergi melalui pemilihan media yang tepat dan cara komunikasi pemasaran terpadu
  • Mengevaluasi dampak komunikasi pemasaran terpadu.

PARTICIPANTS

  1. Account Manager
  2. Media Manager
  3. Advertising and Promotion Manager
  4. Brand Manager
  5. Product Manager
  6. Marketing manager
  7. Marketing Communication Manager
  8. Creative Director dan pemasar pada umumnya

SCOPE

  1. Definisi komunikasi pemasaran terpadu
  2. Perkembangan perilaku konsumen
  3. Segmentasi, targeting, diferensiasi dan positioning
  4. Hubungan citra, komunikasi dan persepsi konsumen
  5. Proses dan tujuan pemasaran terpadu
  6. Jenis-jenis dan perkembangan media terkini
  7. Pendanaan dan alokasi sumber daya
  8. Menentukan pesan yang kuat  
  9. Sistematika pemilihan media dan sarana komunikasi terpadu
  10. Pengukuran efek komunikasi pemasaran terpadu.
Download Syllabus

SCHEDULE 2019

  • 30 Jul - 30 Jul 2019
  • 10 Dec - 10 Dec 2019